Wabup Kukuhkan MAA Kabupaten Gayo Lues

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] – Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, mengukuhkan 35 orang pengurus Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Gayo Lues, periode 2020 – 2025 di Op Room Kantor Majelis Adat  Aceh, Rabu (12/2/2020).

Wabup Said Sani mengatakan, MAA memiliki tugas sangat mulia dalam melestarikan adat.” Ini merupakan identitas suatu bangsa. Menjaga dan melestarikan,” kata Said Sani.

Said Sani berharap MAA dapat bersinergi dengan program kabupaten, karena adat istiadat sudah mulai memudar. Khususnya Gayo Lues, sebutnya, generasi muda sudah jauh meninggalkan adat. Malah generasi tua juga sebagian tidak memahami.

“Jika dulu adat merupakan tambahan dari hukum, yang tidak bertentangan dengan Alquran dan Hadis,” ujarnya.

Maka itu, ia meminta semua pihak membuang egosektoral. Wabup tidak ingin mendengar perpecahan di tengah masyarakat karena adat. “ Kita jadikan diri kita sebagai sebagai filter adu domba,” pintanya.

Selain itu, MAA juga harus mampu menutup masuknya budaya-budaya asing yang mengkhawatirkan dengan perkembangan globalisasi teknologi, karena dapat mempengaruhi budaya yang ada di Gayo Lues.

Sementara Ketua terpilih Drs Zulkifli Zen, mengatakan dalam upaya melestarikan adat budaya yang sudah terkikis bahkan terancam punah, akan menggali kembali adat-adat tersebut untuk dilestarikan,” akan kita kenalkan kembali kepada generasi muda yang ada di Gayo Lues,” sebut Zul.

Dan tentunya tambah Zulkifli, akan mendiskusikan terlebih dahulu, setelah melalui proses seminar maka akan disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga adat budaya Gayo Lues akan lestari untuk anak cucu kelak  di Gayo Lues.

Selanjutnya, Sekretaris MAA Kasim Djunaidi, melaporkan  delapan orang perwakilan perempuan pada pengurus  MAA untuk periode 2020 – 2025. Yang diketuai oleh Zulkifli Zain, Wakil Ketua I H Rabusah dan Wakil Ketua II Tgk Idris. (Radiansyah)

About Jasvira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seberu Sebujang Penampaan Uken Semprotkan Disinfektan

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] – Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat masyarakat resah dan khawatir. Hal ...