Usulan Prioritas Desa Pining, Didominasi Jalan dan Normalisasi

Saifullah Camat Pining

PINING [INSETGALUS]  –  Usulan prioritas desa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Pining didominasi jalan dan normalisasi sungai.

Pembangunan infrastruktur seperti, jalan, penahan tebing sungai menjadi prioritas usulan Desa di Kecamatan tersebut.

“Semua usulan ini merupakan hasil musyawarah dari masyarakat Pining yang dinilai sangat urgen, perlu dipertimbangkan  sebisa mungkin agar dijadikan sebagai prioritas instansi terkait guna direalisasikan pada 2021 mendatang,” kata Camat Pining Saifullah, Rabu (19/2/2020) di Pajak Kampung Pining.

Dikatakan Camat, dari hasil musyawarah sebelumnya bersama seluruh perangkat desa, ada beberapa usulan yang sangat urgen, diantaranya,  peningkatan jalan Pasir Putih atau Pepelah dengan volume 15 Kilometer, kedua peningkatan jalan Pisang Kelat Kampung Gajah dengan volume 6 kilometer, ketiga Peningkatan jalan Pertik/Uning Kumer dengan volume 6 kilometer, keempat peningkatan jalan kampung Pasir Putih dengan volume 2 kilometer.

Selain itu, peremajaan atau cetak sawah di Kampung Gajah dan Kampung Uring seluas delapan puluh hektar  serta  pemberdayaan kopi robusta dan pinang betara dengan volume kopi robusta 80 hektar dan pinang 100 hektar.

Selanjutnya,  pembukaan jalan Lesten atau Pulo Tige dengan volume 10 kilometer, normalisasi  sungai Aih Kulit kampung Pertik volume dua kilometer,  normalisasi sungai Pining Rumpi atau Kala Suem dengan volume lima kilometer.

Serta,  bronjong sungai Pining, sungai  beronjong Pintu Rime, beronjong di Kampung Uring, dengan harapan semua usulan  itu  dapat ditampung serta direalisasikan pada tahun 2021 mendatang.

Liputan : Radiansyah

About Jasvira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seberu Sebujang Penampaan Uken Semprotkan Disinfektan

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] – Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat masyarakat resah dan khawatir. Hal ...