Sisa Zakat Masih Utuh di BPKK

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] –  Sisa saldo zakat masih utuh di dalam rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sebesar Rp. 9.557.182.924.59. Yang secepatnya akan disalurkan kepada pihak Baitul Mal.

Hal ini ditegaskan Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten Gayo Lues, Mukhtaruddin, dalam konferensi Pers nya, Kamis (27/2/2020) di Aula Kantor BPKK setempat.

“Uang itu tidak semena-mena langsung diberikan kepada pihak Baitul Mal, akan tetapi mereka terlebih dahulu membuat rancangan program dan itu pun setelah melakukan rapat dengan dewan pengawas, baru kemudian bisa ditransfer ke rekening Baitul Mal,” kata Muktar.

Dijelaskannya, pada tahun 2019 lalu saldo zakat di dalam RKUD berjumlah Rp 14.112.182.924.59, kemudian di tahun 2019 itu juga pihak Baitul Mal meminta sejumlah uang untuk mengelola program sebesar, Rp 4.555.000.000.

Sementara, Kepala Baitul Mal Gayo Lues, Abdul Qadir menjelaskan, bahwa rekening untuk bagian zakat ada pada Badan Pengelola Keuangan Kabupaten yang digunakan untuk pengumpulan zakat dari PNS, namun untuk kebutuhan program lain di Baitul Mal ada pada rekening Baitul Mal.

“Pemberian uang zakat dari PNS itu akan disampaikan kepada fakir, miskin, pedagang dalam bentuk simpanan pinjam dan bantuan untuk musibah lainnya, dengan nominal sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tandas Qadir.

Liputan : Radiansyah

About Jasvira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seberu Sebujang Penampaan Uken Semprotkan Disinfektan

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] – Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat masyarakat resah dan khawatir. Hal ...