Sejumlah Warga Lingkar PT Medco Tumbang dan Muntah Akibat Bau Menyengat

Teks Photo : Tampak warga menggunakan masker akibat  muncul bau menyengat di sekitar Kecamatan  Indra Makmur. (Dokumen : Ardiansyah)

Teks Photo : Tampak warga menggunakan masker akibat muncul bau menyengat di sekitar Kecamatan Indra Makmur. (Dokumen : Ardiansyah)

ACEH TIMUR [Insetgalus] – Sejumlah warga di Kecamatan Indramakmur, Aceh Timur, Aceh kembali tumbang dan muntah-muntah akibat bau menyengat yang diduga berasal dari perusahaan migas PT Medco EP Malaka, Senin (13/5/2019).

Bau yang diduga hasil pembakaran Gas produksi PT Medco E&P Malaka tersebut sudah terjadi sejak sebulan terakhir,  namun hingga sekarang belum bisa diatasi oleh Perusahaan itu, Akibatnya Masyarakat lingkar tambang semakin resah karena bau yang sangat menyengat hingga mengganggu pernafasan.

Bahkan,  siang tadi, Senin 13/5/19, sekira pukul 12.00 seorang ibu rumah tangga,  Murni, (33) jatuh pingsan,  dan sejumlah warga lainnya terpaksa menutup hidung dengan kain dan tangan. Sejumlah warga lainnya mengaku mulai sesak dan mual.

” Sampai Hari ini bau Gas seprti bau busuk sudah sangat parah karena sudah ada yang pingsan dan muntah-muntah, Jika ini terus berlarut dan tidak bisa diatasi oleh perusahan, kami berharap PT Medco berhenti beroperasi,Kami ingin hidup Nyaman,” Kata  Nuraini.

Kepala Desa Blang Nisam,  Rusli mengaku telah melaporkan peristiwa yang meresakah warganya pihak muspika seperti Camat,  Kapolsek dan Danramil.

Camat Indramakmur,  Edi membenarkan adanya laporan dari sejumlah kepala Desa terkait keresahan warga akibat bau busuk yang mengancam kesehatan warga,  Edi mengaku telah meneruskan laporan ke tingkat Kabupaten.

” Sudah dilakukan investigasi oleh tim pemkab dan pemprov..Saat ini hasilnya sedang dievaluasi ditingkat kabupaten. Melalui dinas lingkungan hidup”. Kata Edi.

Sementara Humas PT Medco, Hamid yang dihubungi Media ini mengatakan akan mengecek terlebih dahulu kelapangan.

”Saya Lagi Off kita check dulu ke lapangan ” Kata Hamid menjawab konfirmasi wartawan.

Muhmammad Nurlaky,  pemuda Indramakmur menilai,  sejauh ini belum ada itikat baik PT Medco terhadap warga yang menjadi korban akibat bau tersebut,  menurutnya Perusahaan membentuk atau menurunkan tim kesehatan khusus untuk menangani korban.

“Kita melihat PT Medco seperti tidak peduli dengan korban,  sejauh ini tidak ada penanganan serius yang dilakukan perusahaan”. Ujar M Nurlaky.

Liputan : Ardiansah

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum Polisi Disergap Warga, Lantaran Hendak Menggunakan Sabu

ACEH TIMUR [Insetgalus] – Diduga hendak memakai narkoba jenis sabu, seorang oknum polisi Jajaran Polres ...