Seberu Sebujang Penampaan Uken Semprotkan Disinfektan

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] – Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat masyarakat resah dan khawatir.

Hal itu terjadi akibat penularan virus ini merambah dengan sangat cepat tanpa kompromi. Tak terkecuali dengan warga kampung Penampaan Uken Kecamatan Blangkejeren-Gayo Lues-Aceh.

Mereka resah virus yang telah menjadi pandemi, dan telah meluluhlantakkan berbagai negara dan kota di dunia itu merambah ke kampung mereka.

Oleh akibat kekhawatiran tersebut, sekelompok pemuda pemudi warga kampung itu mencoba mengambil inisiatif melawan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di areal kampung mereka.

Seperti yang dikatakan pemuda setempat Dharma (34), Selasa (24/3/2020) ia mengatakan, mereka akan melakukan penyemprotan massal di areal yang banyak dikunjungi warga.

“Kita utamakan areal umum seperti tempat ibadah dan tempat lainnya, setelah itu baru dilanjutkan ke pekarangan dan halaman rumah warga,” ujarnya sembari menuturkan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati.

Bahkan menurut Dharma,  cairan disinfektan tersebut mereka racik sendiri atas petunjuk petugas ahli dan bahannya mudah didapatkan di warung warung sembako.

“Ada 3 bahan cairan yang dipakai. Diantaranya karbol, detergen dan cairan pewangi lantai ,” ujar Dharma.

“Takarnya 1 banding 3, misal 1 liter karbol, detergen dan cairan pewangi lantai  dicampur dengan 3 liter air bersih kemudian bahan bahan tersebut diaduk” terangnya.

Menurutnya, cairan disinfektan yang mereka racik itu diyakini mampu membasmi bakteri yang menempel dibagian rumah warga atau tempat umum lainnya.

Pun demikian lanjutnya, pemuda pemudi di kampung Penampaan Uken juga sangat berharap kepada pemuda pemudi kampung lain agar meniru langkah langkah positif seperti itu agar Gayo Lues jauh dari marabahaya virus Corona atau Covid-19. Demikian pemuda pemudi Kampung Penampaan Uken.

Liputan : Malik Lingga

About Jasvira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gayo Lues Nomor Dua Termiskin se Aceh

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] –  Angka kemiskinan Gayo Lues turun sebesar 0,83 persen atau setara dengan 460 ...