PLN Teken Kontrak PLTMH Aih Nengar

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Menteri BUMN telah merestui perjanjian jual beli arus listrik PLTMH Nengar Kampung Perlak Kecamatan Tripe Jaya sebesar 1 MW, antara PLN Pusat dengan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, Rabu kemarin.

“Penjualan arus ini nantinya tentu menjadi tambahan pendapatan asli daerah Gayo Lues,” kata GM PLN Aceh, Jefri Rosiadi, ketika  acara peresmian 100 persen listrik prabayar pertama di Aceh, di halaman kantor PLN Ranting Blangkejeren, Jumat (4/8/2017).

Dalam mengembangkan dan pemanfaatan potensi energi kelistrikan di Gayo Lues, Jefri mengaku berjanji siap membantu dengan semampunya. Dan, ia juga mengaku salut kepada  Pemkab Gayo Lues, karena lebih tanggap dari PLN soal listrik masuk desa.

Dikatakan Jefri, hingga saat ini PLN belum mampu mengalirkan listrik untuk setiap kampung. Namun, Pemkab Gayo Lues telah mengaliri listrik seluruh desa dengan program pengembangan PLTMH. “ Ini sangat luar  biasa,” sanjung Jefri.

Sementara, Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasim, mengatakan seluruh desa di Gayo Lues sudah mendapat penerangan listrik. “ Yang tidak bisa dijangkau pihak PLN, maka pihak Pemkab langsung memanfaatkan sumber daya alam yang ada,” sebutnya.

Ibnu menilai, potensi energi yang ada di Gayo Lues baru dimanfaatkan sekira 3 sampai 5 persen. Jika potensi energi ini dimanfaatkan seratus persen, ia yakin Gayo Lues mampu menyuplai listrik untuk pulau Sumatera.

Liputan : Dorasima
Editor   : JS Peparik

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Sri Dewi Wahyuni SP

Lagu Mars Gayo Lues Harus Mencerminkan Unsur Agama dan Budaya

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Sembilan kriteria dari lima ketentuan umum menjadi syarat mutlak mengikuti lomba karya ...