Penyebab Miskin Minimnya MCK

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] –  Pemerintah Kabupaten Gayo Lues menjadi kabupaten termiskin di Aceh.

Salah satu faktor penyebab kemiskinan ini adalah  fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang belum memadai.

Gara gara MCK, kabupaten berjuluk Seribu Hafiz ini ditetapkan sebagai kabupaten termiskin dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani mengatakan, Gayo Lues memiliki indikator miskin akibat belum meratanya keberadaan MCK yang tersebar hingga ke desa-desa.

“Kita tidak miskin. Tapi indikator miskin  ada pada kita,” ungkapnya di sela-sela Musrenbang Kecamatan, di Aula SMA Unggul, Desa Cinta Maju Kecamatan Blangpegayon, Jumat (21/2/2020).

Maka dari itu, Said meminta instansi terkait dapat membuat program mengenai keberadaan MCK serta mengevaluasi dan mengatasi permasalahan tersebut sehingga pada tahun 2021 mendatang masalah kemiskinan dapat dituntaskan.

Selain itu, Said Sani juga meminta kepada seluruh camat dan kepala desa di seluruh Gayo Lues, agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya keberadaan MCK. “Camat tolong dibantu agar disosialisasikan betapa pentingnya MCK,” pinta Said.

Selain MCK, Said juga menegaskan kepada seluruh perangkat desa terutama pengulu, agar tidak menggunakan dana desa untuk infrastruktur, tapi lebih memilih untuk kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kampung,” gunakanlah dana desa untuk program peningkatan SDM,” pungkas Said Sani.

Sementara, Camat Blangpegayon Suardi menyampaikan, wilayah yang dipimpinnya memiliki potensi penghasil holtikultura yang terletak di Kampung Umelah, Bengkik dan Bener. Namun, yang menjadi kendala saat ini pihak Kecamatan tidak memiliki demplot PPL, dan mustahil jika hasil pertanian yang dimiliki hebat tanpa ada uji coba yang dilakukan.

Liputan : Radiansyah

About Jasvira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seberu Sebujang Penampaan Uken Semprotkan Disinfektan

BLANGKEJEREN [INSETGALUS] – Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat masyarakat resah dan khawatir. Hal ...