Pelanggan Listrik Prabayar Capai 20.520 Di Gayo Lues

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Manager PLN Ranting Blangkejeren, Tony Setiawan, menyebutkan jumlah pelanggan listrik prabayar di Kabupaten Gayo Lues saat ini mencapai 20.520 sambungan, dari total pelanggan 20.741.

Artinya, hampir seluruh masyarakat Kabupaten Gayo Lues telah memakai listrik prabayar, kecuali pelanggan yang memakai meteran 3 pas sebanyak 221 pelanggan, yang meliputi kantor pemerintah, rumah dinas, perbankan dan perusahaan.

Bahkan, jumlah pelanggan listrik pintar di daerah itu, kata dia, setiap saat mengalami penambahan baik dari pemasangan baru maupun pelanggan listrik analog yang pindah listrik prabayar.

Untuk menyukseskan penambahan pelanggan listrik pintar di wilayah kerja yang dipimpinnya itu, pihaknya terus menyosialisasikannya kepada kelompok masyarakat seluruh kecamatan di Gayo Lues. Kecuali, bagi warga yang masih menggunakan listrik dari pemerintah daerah, seperti Kecamatan Putri Betung dan sebagian Tripe  Jaya.

Penggunaan listrik prabayar ini, kata dia, selain dapat mengontrol pemakaian listrik oleh masing-masing rumah tangga, juga melatih pelanggan untuk berhemat dengan menggunakan listrik tepat guna. “Semakin sedikit pemakaian, maka pulsa listrik atau token yang dipakai juga semakin hemat,” ujarnya.

Diakui Toni Setiawan, bukan mudah mensosialisasikan listrik pintar kepada masyarakat di lapangan, sebagian warga menolak pergantian meteran kompensional ke prabayar. Namun setelah dilakukan berbagai sosialisasi dan penjelasan, masyarakat menjadi faham, sehingga mereka bersedia menggantikan meteran yang lama ke meteran prabayar.

Liputan : Dorasima
Editor   : JS Peparik

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Badan Jalan Lintas Pining Gayo Lues Menghutan

ACEH TIMUR [Insetgalus] – Badan jalan lintas Pining menuju Gayo Lues menghutan, akibatnya pengguna jalan ...