Oknum LSM Luar Resahkan Warga Gayo Lues, LAKI Beri Peringatan

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Akhir akhir ini beberapa oknum pekerja LSM dari luar daerah sangat meresahkan masyarakat Kabupaten Gayo Lues terutama terhadap instansi pemerintah setempat, “seakan sikap mereka bergaya Lembaga resmi pemerintahan, KPK saja  tidak begitu,” kata Hendra Ketua LSM Laskar Anti Korupsi (LAKI) Kabupaten Gayo Lues, Jumat (15/12).

Dikatakan Hendra, perbuatan mereka seakan untuk kepentingan masyarakat, padahal berat dugaan dibalut kepentingan pribadi, “ jelas Hendra.

Hendra sangat menyesalkan oknum LSM tersebut, dengan meminta data kegiatan  dari beberapa instansi pemerintah Kabupaten Gayo Lues, apalagi sikap mereka ketika meminta data dengan gaya memaksa.

Masih kata Hendra, yang paling  miris lagi, setiap data yang mereka peroleh langsung dishare ke media sosial seperti facebook, dengan nada menghakimi seolah olah Gayo Lues adalah ladang Korupsi. ” Tindakan mereka di media sosial jelas melanggaran UU IT,” tegas Hendra.

Perlu diketahui sebut  Hendra, fungsi LSM adalah sebagai pengawas kontrol sosial bukan sebagai penegak hukum yang bisa menetapkan seseorang sebagai tersangka, “ LSM bukan jaksa, polisi atau hakim, jadi jangan berlagak mengintervensi ketika bertugas di lapangan, KPK saja tidak seperti itu, “ tandas Hendra.

Dirinya prihatin terhadap kelakuan oknum tersebut yang menakut-nakuti masyarakat dan instansi pemerintahan dengan mengatasnamakan LSM yang seakan kebal hukum. Namun begitu, Hendra juga sangat menyayangkan pihak instansi terlalu takut menghadapi mereka.

Terhadap kiprah oknum LSM tersebut, Hendra mengaku telah melakukan pertemuan dengan pihak kepolisian Gayo Lues. Dan, pihak Kepolisian bersama Kesbangpolinmas berjanji akan segera turun untuk menertibkan LSM yang tidak memenuhi persyaratan di Kabupaten Gayo Lues.

Terkait hal ini, Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman, berjanji akan melakukan silaturrahmi dengan semua pegiat LSM di Gayo Lues, guna menertibkan semua legalitas  LSM di Kabupaten setempat, sehingga dalam bertugas tidak melanggar hukum. “Kita akan menertibkan LSM yang tidak tertib administrasi, bila ada oknum LSM yang tidak melengkapi administrasi di wilkum Gayo Lues akan kita tindak,” pungkas Kapolres.

Liputan : Daud

Diedit   :

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Sri Dewi Wahyuni SP

Lagu Mars Gayo Lues Harus Mencerminkan Unsur Agama dan Budaya

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Sembilan kriteria dari lima ketentuan umum menjadi syarat mutlak mengikuti lomba karya ...