Meriahkan MTQ di Kecamatan Badar Kutacane

KUTACANE [Insetgalus] – Sedikitnya ada 230 orang peserta yang sudah terdaftar di enam Kategori lomba dan siap bertarung melantunkan ayat-ayat Kalamallah di ajang Musabaqoh Tilawatil  Qur’an tingkat Kecamatan di Badar, Kutacane.

MTQ ini sambung Sekcam Badar, Kabupaten Aceh Tenggara, Awaluddin, SE, ketika ditemui, Kamis (1/11), di ruang kerjanya, dibuka persisnya, Rabu (31/10), oleh Wakil Bupati Agara, Bukhari Buspa, dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan, berakhir di Jum’at (2/11).

Ratusan antusias peserta ini, berasal dari lingkup 16 Desa dari 18 Desa di Kecamatan Badar, kendati tingkat Desa kata Awaluddin, kemampuan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata, ditengarai pembinaan tingkat desa soal mengaji Al-qur’an di Kecamatan Badar ini cukup baik dan serius, tukasnya.

Lalu Ada enam kategori yang kita lombakan, yakni Tahtil Qur’an, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, lalu Syharil Qur’an, terakhir Kategori Fahmil Qur’an, dan Insya Allah, dari enam kategori tersebut, kita akan ambil 3 peserta terbaik sebagai para pemenangnya.

Sesuai kebiasaan seperti tahun-tahun sebelumnya, rinci Pak Ustadz Awal, yang akrab disapa demikian, bagi para pemenang, tidak saja trofi dan piala bergilir yang akan kita berikan, Sertifikat sebagai Pemenang MTQ Tingkat Kecamatan, serta uang pembinaan yang kali cukup lumayan akan kita berikan tanpa kita potong serupiah pun, terang Awal.

Mantabnya lagi, para juri, yang kita datangkan, sengaja memang kita pilih yang terbaik di Aceh Tenggara, guna menghasilkan para pemenang MTQ yang memang pantas menang sesuai kategori lomba masing-masing.

Selain itu dengan harapan juga semakin memotivasi para peserta guna bersaing secara sehar dengan mengedepankan nilai-nilai kompetitifnya, menghasilkan generasi pelantun Al-qur’an lahir dari Kecamatan Badar ini, pungkas Ustadz Awal.

Terpisah, salah seorang Tokoh Masyarakat Badar, yang juga menjabat Kepala Desa Badar Indah, Kecamatan Badar, Kutacane, Abi Hasan, kepada Keber Galus, mengatakan “saya sangat apresiasi sekali digelarnya kegiatan MTQ ini.

Begitu besarnya animo saya ini terhadap MTQ ini, tambah Abi Hasan, ada 23 orang warga saya yang sengaja saya daftarkan sendiri secara langsung, mudah-mudahan mereka bisa berbicara banyak dan berbuat yang terbaik di MTQ kali ini, Insya Allah, dari enam ketegori yang dilombakan kita akan rebut minimal 1 pemenang, harap Abi Hasan, yang akrab dilihat selalu berpenampilan islami ini.

Liputan : Riki Hamdani

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengurus IDI Silaturrahmi ke Bupati Aceh Timur

IDI [Insetgalus] – Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Aceh Timur, bersilaturrahmi dengan Bupati Aceh ...