DWP Gayo Lues Raih Peringkat Pada Perlombaan Busana Muslimah Kerawang Gayo

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Dharma Wanita Persatuan Gayo Lues meraih peringkat harapan III pada perlombaan busana muslim motif daerah tingkat Provinsi, yang berlangsung di Anjung Mon Mata, Pendopo Gubernur Aceh, pekan lalu.

Perlombaan itu dalam rangka memeriahkan HUT Dharma Wanita ke – 18, dengan peserta menghadirkan seluruh kabupaten/kota se- Provinsi Aceh, yang dinilai langsung oleh dewan juri dari Unsyiah, dengan melihat keindahan, kerapian dan kreatifitas, serta keasliannya.

Kegiatan perlombaan busana muslim daerah ini digelar guna melestarikan budaya lokal Gayo Lues, seiring dengan perkembangan zaman dan menampilkan kreasi busana Muslim bermotifkan kerawang Gayo Lues.

“Kerawang dipadukan dengan busana Muslimah, memiliki kain yang lebih ringan untuk mendapatkan kesan yang lebih flowy,” kata Sekretaris DWP Gayo Lues, Dwi Rahayu, Senin (11/12).

Dikatakan Dwi, dia terinspirasi dari kekuatan seorang wanita yang memiliki keberanian, prinsip yang kuat dan jiwa kepemimpinan. Inspirasi itu dituangkan pada busana muslimah motif kerawang Gayo yang Islami.

Dwi mengaku, busana yang ditampilkan sesuai dengan garis rancangan yang simple, pada bagian face lingkar hijab terdapat ukiran kerawang, dan bagian pergelangan tangan ukiran Leladu, sedangkan bagian dada sedikit motif kerawang yang melingkar ke bawah.

Dwi berharap, hadirnya berbagai kreasi motif busana Gayo merupakan salah satu upaya pelestarian budaya Gayo yang saat ini telah membumi di tingkat Nasional, bahkan peminat terhadap busana Gayo cukup tinggi.

Liputan : JS Peparik
Diedit   :

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Festival Musik Etnik Moderen

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Festival Musik Etnik Moderen merupakan kegiatan tahunan oleh Kabupaten serumpun, Gayo Lues, ...