Bupati Aceh Timur Dukung Suaka Badak

Teks Photo: Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, menyampaikan sambutan ketika membuka Workshop Sosialisasi Rencana Pembangunan dan Pengelolaan Suaka Badak Sumatera di The Royal Hotel Idi.

Teks Photo: Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, menyampaikan sambutan ketika membuka Workshop Sosialisasi Rencana Pembangunan dan Pengelolaan Suaka Badak Sumatera di The Royal Hotel Idi. (Dokumen :Ardiansyah)

ACEH TIMUR [Insetgalus] – Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, mendukung sepenuhnya rencana Pembangunan dan Pengelolaan Suaka Badak Sumatera di Kabupaten Aceh Timur.

Selain untuk kelestarian flora dan fauna, lokasi suaka badak Sumatera tersebut nantinya dianggap menjadi lokasi wisata satwa dilindungi.

“Kita dukung suaka badak di Aceh Timur, namun harapan kita Pemerintah Aceh juga perlu mendukung program ini,” kata H. Hasballah HM.Thaib, usai membuka Workshop Sosialisasi Rencana Pembangunan dan Pengelolaan Suaka Badak Sumatera di The Royal Hotel Idi, Selasa (14/5/2019).

Tahap awal, lanjut bupati, pemerintah tentu mengajak teman-teman LSM lokal dan NGO asing untuk membantu daerah ini dalam menciptakan suaka badak sumatera, baik WWF, FKL dan IDH serta lembaga asing lainnya, sehingga program suaka badak ini segera rampung.

“Program ini bukan hanya untuk Kabupaten Aceh Timur, namun memberi manfaatkan untuk Aceh dan Indonesia secara keseluruhan, bahkan hasil kunjungan kita ke objek wisata badak sumatera di Lampung, manfaatnya sangat besar dan program ini perlu dikembangkan di Aceh Timur khususnya,” kata Bupati Aceh Timur.

Menurut orang nomor satu di Aceh Timur, program suaka badak sumatera ini bukan hanya sebatas melestarikan badak sumatera, tapi keberadaan program tersebut juga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat seperti terbangunnya sarana dan prasarana umum yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat.

“Jalan dan jembatan akan terbangun. Dan yang paling penting nantinya akan terbuka objek wisata satwa liar dilindungi di Aceh Timur,” kata H. Hasballah HM. Thaib seraya meminta masyarakat juga ikut mendukung program tersebut untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih maju.

Workshop yang dibuka Bupati Aceh Timur itu diselenggarakan WWF bekerjasama dengan Pemerintah Aceh, Pemkab Aceh Timur, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, dan Forum Konservasi Leuser (FKL). Selain dihadiri unsur pejabat dari instansi terkait, hadir juga perwakilan dan kecamatan dan desa yang menjadi wilayah suaka badak sumatera di Aceh Timur.

Liputan : Ardiansyah

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Badan Jalan Lintas Pining Gayo Lues Menghutan

ACEH TIMUR [Insetgalus] – Badan jalan lintas Pining menuju Gayo Lues menghutan, akibatnya pengguna jalan ...