Buah Kuini Gayo Lues Telah Didaftarkan Sebagai Varietas Khas Lokal

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues daftarkan tanaman Kuini Gayo Lues ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian di gedung Samantha Graha Universitas Brawijaya Malang, Rabu (06/12/2017).

Rangkaian pendaftaran tersebut, dimulai dari penelitian varietas yang berlangsung sejak tahun 2016 kemaren dan bekerjasma dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh, “pada saat itu dipimpin oleh Prof. Abubakar Karim,” kata Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Noval SP.

Dari hasil penelitian sebut Noval, ternyata kandungan gizi buah kuini Gayo Lues berbeda dengan kandungan buah kuini daerah lain. “Ini adalah syarat mutlak untuk dapat didaftarkan, karena apabila sama kandungan gizi atau bio kimia dengan kuini daerah lain, maka tidak bisa diakui sebagai varietas khas lokal,” jelas Noval.

Saat ini buah kuini Gayo Lues sudah terdaftar secara nasional, dan tugas masyarakat  atau petani buah yakni melestarikan keberadaan tanaman tersebut, baik itu dengan memperbanyak bibit ataupun melakukan perawatan  yang telah ada,” sebab salah satu perjanjian dalam point pendaftaran itu, yakni daerah harus mengembangkan komoditas yang telah didaftarkannya,” ujarnya.

Menyoal masih banyak terdapat buah kuini terserang hama busuk atau mangga pada umumnya, Dinas Pertanian Gayo Lues akan memberikan penyuluhan atau pelatihan kepada masyarakat yang memiliki tanaman kuini atau mangga lainnya. Demikian dijelaskan Noval.

Liputan : Muhammad Tujung
Diedit   :

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Sri Dewi Wahyuni SP

Lagu Mars Gayo Lues Harus Mencerminkan Unsur Agama dan Budaya

BLANGKEJEREN [Insetgalus] – Sembilan kriteria dari lima ketentuan umum menjadi syarat mutlak mengikuti lomba karya ...