13 Grup Tari Saman Rebut Piala Kodim

BLANGKEJEREN [Insetgalus] –  Kodim 0113/Gayo Lues Gelar lomba tari saman dari 13 group se-Kabupaten Gayo Lues dalam rangka memeriah HUT Kodam IM ke-61 dihadiri oleh Sekdakab Gayo Lues H. Thalib S. Sos, M. AP, Dandim 0113/Gayo Lues  Letnan Kolonel Inf Muhammad Faizal Nasution, S. IP, Kasdim 0113/Gayo Lues an Mayor Inf Iman Sukoco, S. Ag, Wakapolres Gayo Lues an Kompol Budi Darma SH, Kadis Pariwisata Gayo Lues  Syafruddin S. Sos, Para Perwira jajaran Kodim 0113/Gayo Lues, Para Camat, Peserta lomba tari saman.

Dandim 0113/Gayo Lues Letnan Kolonel Inf Muhammad Faizal Nasution, S. IP, Minggu (10/12) mengatakan, kegiatan lomba tari saman dilaksanakan dalam rangka memperingati Hut Kodam IM ke – 61 tepatnya 22 Desember 2017 mendatang,  tujuan kegiatan lomba tari saman ini untuk mempererat huhungan TNI dengan rakyat sesuai dengan tema peringatan Hut Kodam Iskandar Muda “Bersama rakyat Kodam Iskandar Muda kuat ” selain itu juga untuk melestarikan budaya asli dari Gayo Lues yaitu tari saman yang merupakan Icon Gayo Lues yang sudah diakui Unesco menjadi warisan budaya dunia tak benda.

“Untuk para peserta lomba pada saat pelaksanaan tetap semangat dan harus dengan penuh keseriusan pada saat penampilan, kegiatan yang kita laksanakan adalah sebagai ajang silaturahmi dengan satu kecamatan dan kecamatan lainnya yang berada di Kabupaten Gayo  Lues untuk hadiah yang ada tidak begitu besar tetapi jangan dilihat dari nilainya,” jelasnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh Instansi khususnya kepada Personil Kodim 0113/Gayo Lues yang sudah bekerja keras atas terlaksananya kegiatan lomba hari ini dalam rangka memeriahkan Hut Kodam IM.

Dikatakan, juara lomba tari saman untuk  juara 1 dari group saman sanggar Rajawali Kecamatan Dabun Gelang dengan nilai 721, juara 2 dari group saman Bujang Juere Kecamatan Terangun dengan nilai 720, Juara 3 Group saman Rikit Jaya Kecamatan Rikit Gaib dengan nilai 719, juara harapan 1 grup Burak Terbang Kecamatan Dabun  Gelang dengan nilai 705, juara harapan 2 grup saman Bujang Serbang Kecamatan Blangkejeren dengan nilai 703, juara harapan 3 grup saman Louser Mentalu Kecamatan Blangjerango dengan nilai 699,” sebutnya.

Sementara itu Kasdim 0113/Gayo Lues Mayor Inf Iman Sukoco mengatakan, pelaksanaan lomba tari saman terlaksana dari dasar. Surat Perintah Pandam Iskandar Muda Nomor : Sprint/2716/X/2017 tanggal 13 November  2017 tentang rencana peringatan Hari Juang Kartika dan Hari Ulang Tahun Kodam Iskandar Muda yang ke 61 tahun 2017

Peserta lomba tari saman dari masyarakat umum yang ada di 11 Kecamatan yang terdiri dari 15 orang dalam 1 Group dengan jumlah 13 Group yang mengikuti yaitu Group Saman Bujang Juere Kec. Terangun, Group Saman Rikit Jaya Kec. Rikit Gaib, Group Saman Burak Terbang Kec. Dabun Gelang, Group Saman Telege Gayo Kec. Blangkejeren, Group Saman Ketemi Kec. Blangpegayon, Group Saman Louser Mentalu Kec. Blangjerango, Group Saman Selendang Kec. Kutapanjang, Group Saman Bujang Serbang Kec. Blangkejeren, Group Saman Bujang Sepeden Kec. Tripe Jaya, Group Saman Arrem Indah Kec. Pantan Cuaca, Group Saman Sanggar Rajawali Kec. Dabun Gelang, Group Saman Harimau Pining Kec. Pining, Group Saman Uluh Rebung Kec. Putri Betung” Ucapnya

Sedangkan dewan juri kami undang terdiri dari Sdr. Thamrin dari Dinas Perhubungan Gayo Lues, Sdr. Syafaruddin dari Dinas Pariwisata  Gayo Lues, Sdr. Sehumur dari Dinas Pariwisata Gayo Lues” Ucap Kasdim 0113/Gayo Lues

Liputan : Ramli Tebukit
Diedit   :

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pembangunan Rumah Adat Gayo Tak Sesuai Corak dan Ukiran

KUTACANE [Insetgalus] – Pembangunan rumah adat suku Gayo yang terletak di Desa Bener Bepapah Kecamatan ...